Lelaki Penggenggam Hujan –Recommended!


Bercedak, eh, berdecak kagum pas lagi baca novel ini, Muhammad–Lelaki Penggenggam Hujan.

Bukan karena sampulnya yang terbuat dari emas, atau harganya yang sama kayak beli sebuah hape, tapi karena bahasa yang dipake dan alur cerita yang meng-amazed me 😀 Kata-kata biasa dalam bahasa Indonesia, entah gimana caranya penulis bisa merangkai mereka jadi kalimat-kalimat yang ga biasa *minimal buat gw*, hehe.. Pendeskripsian yang detil dari setting lingkungan, tempat, waktu dan budaya, setiap inci kejadian yang terjadi, sampe setiap karakter yang ada disitu bikin saya baca ga cukup sekali. Maklum, mungkin kemampuan imajinasi visual saya ga se-excellent penulis, jadi bener-bener mesti dibayangin dulu kalo mau tau apa yang dimaksud penulis. *paling ga bisa kalo disuruh ngebandingin dua ruangan mana yang lebih besar/kecil, atau memperkirakan panjang sesuatu -_-*. Walopun ini adalah biografi, tapi di-packed dalam sebuah aliran novel, dikisahkan dari sudut pandang yang unik, jelas beda banget dari biografi-biografi Muhammad, saw. lainnya! 🙂

Salah satu yang bikin gw merasa ‘cetek’ banget adalah nama-nama tokoh dan tempat-tempat di novel ini yang benar-benar asing di kuping ini. Entah ini dari mana penulis mendapat informasi-informasi ini, dalam bahasa apa, mungkin bahasa timur tengah, yunani, sanksekerta, atau entahlah.  Misalnya aja adanya tokoh-tokoh bernama Kashva, Astvat-ereta, Maitreya, Zarathrusta, Zardusht, Mamah Rishi. Atau tempat-tempat yang baru sekarang gw atau seperti Danau Kasava, lembah Narmada, pelabuhan Barus, danau Zhaling di kaki gunung Anyemaqen-Tibet, disamping juga beberapa tempat yang udah kita kenal kayak bukit Tsur-Mekkah dan laut Merah-Mesir. Juga disebutkan kitab, sajak, maupun dokumen-dokumen yang lagi-lagi baru saya tahu, misalnya sajak Maharishi Vyasa, dan kitab Bhavissya Puran. *jd sadar, pengetahuan gw dikiiit banget :s*. Yang pasti semua yang ada di dalam novel biografi ini bukanlah hasil rekaan belaka, tapi *menurut gw sendiri sih, karena belum tau sumber yang terpercaya* pasti hasil pengkajian dan analisis yang sangat dalam oleh penulis, because, hey, this is Rasulullah Biography!

Kalo penasaran silakan baca sendiri, hehehe, ini bukan promosi looh! Share good things, why not 😉 Ga harus beli kan, bisa pinjem, di perpustakaan, temen, atau di toko buku *hehe, emangnya bisa*.

Ini sebagian kecil kutipan dari novel ini..

Seseorang bukan siapa-siapa sampai dia dicintai. Maka engkau telah membangunkanku menjadi sesuatu, dan aku ingin menjadikanmu sebagai seseorang: dunia-akhirat.

-Matur Sembah Nuwun penulis untuk sang istri.. huoo.. x)-

in the last..

Ini adalah kisah seorang pemimpin paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia.

Ini adalah cerita tentang permulaan sebuah ajaran yang paling disalahpahami di muka bumi.

Ini adalah sebuah titian perjalanan setiap manusia spiritual berbagai agama untuk menemukan Dia yang Dijanjikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s