JaMPer


Jaga malam pertama (jamper) yang benar-benar jaga malam. Saya, seorang koasisten baru bersama seorang residen saraf dan dua orang perawat, di unit stroke RSS. Ternyata bisa juga ini mata melek smape jam segini, ups, emang karena ga ada kasur yang bisa ditidurin ding. Hohoo.
Sedihnya disini, pertama, makan malam telat jadi pukul 23. Kedua, ga tega ngeliat keluarga yang sedih, nangis, ngeliat kondisi keluarganya yang lagi sakit. Tapo senengnya, pertama, ketika bisa meriksa dan menolong pasien barang sekecil apapun. Kedua, kalo bisa ngeliat keluarga yang sakit tetap tegar dan tetap senyum walopun lagi sedih. Ketiga, bisa lebih banyak doa dan syukur yang terucap, betapa masih beruntungnya kita dibanding pasien-pasien disini.
I’m asking and praying to God to keep everyone that I knew, that I love, always in a good state of health. Amiin 🙂

00.40
“Mba, saya mau selonjoran dulu ya, nanti jam 1 ibunya yang di bed 6 saya periksa lagi. Kalau ada apa-apa kasih tau ya mba”. Kata gue ke mba perawat yang waktu itu jaga bareng.

01.30
Tersadar tiba-tiba, langsung berdiri. Langsung gabung sama mba-mba perawat dan residen yang tau-tau aja udah disitu dan tampak sibuk. Bed 6 kritis! Dengan situasi kayak gitu gue langsung ‘IN’, mencoba meriksa apa aja yang gue bisa (refleks pupil dan kornea). Terus disuruh panggil keluarga si pasien, sambil dilakukan rekam jantung EKG (elektrokardiografi), udah PEA (pulseless electrical activity). Keluarga (suami dan kakak) pasien datang, suami mendampingi sang istri di saat-saat terakhir beliau.

01.45
EKG udah menunjukkan satu garis lurus. Innalillahi.

Me : “Dok, ke IGD lagi minta surat keterangan kematian?”
Dr. P : “Iya dek, sebentar ya saya nulis ini dulu, nanti sama sy ke IGDnya”

02.00
Jalan ke IGD RSS minta surat keterangan kematian untuk yang ke-3 kalinya malam itu. Untungnya, ga kayak 2x sebelumnya, kali ini gue ga sendirii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s