Interna week 11.. (The last week!)


Senin, 5 November 2012.

Astaghfirullahalaziim. Subhanallaaah. Alhamdulillaah. Allahu akbaar.

Masya Allah…maaf ya kalau kesannya lebay. Tapi ini benar-benar udah di minggu terakhir perjalanan koas gue yang kurang lebih 1,5 tahun :’3 . Ya walaupun ini baru akhir stase dan masih ada KKN setelah ini. Yang menakjubkan adalah ternyata istilah ‘koas ngegelinding aja juga bakalan lewat kok’ itu benar adanya. Bagaimana ngga, saat ini, duduk disini, menatap tanggalan yang selalu berjalan ke depan ga pernah mundur, ga nyangka udah hampir melewati seluruh proses rotasi klinik sebagai koas atau dokter muda. Padahal kalau ditanya ‘apa sudah benar-benar siap jadi dokter dan terjun ke masyarakat?’ belum tentu jawabannya ‘Ya, sudah’.

Ko gitu?

Karena ilmu kedokteran bukan cuma dipelajari selama pendidikan formal di kampus waktu S1 atau di rumah sakit waktu koas aja. Ilmu yang sangat luas dan terus berkembang itu ga akan pernah habis dan selesai untuk dipelajari. Masalahnya, apa kita udah cukup pede untuk menjadi dokter? Jadi dokter itu ga main-main loo, ga kayak waktu dulu masih kecil main dokter-dokteran atau dokter kecil waktu SD(baru sadar?! xp). Pede atau percaya diri, kita mampu dan kompeten sebagai dokter umum, berarti membawa beban moral, materi, dan spiritual. Tanggung jawabnya ga cuma ke pasien/keluarga pasien tapi juga sama Yang Di Atas dan diri sendiri. Tujuannya adalah membantu meringankan penderitaan pasien dan memperpanjang harapan hidup, jangan sampai malah sebaliknya. Nah kan! Ngeri ga sih. Susah ga sih. Berat ga sih. Jadi wajar kalau sekarang pada mempertanyakan ‘kok masih banyak yang mau jadi dokter’.

Tapi ya, alhamdulillah, walaupun pikiran-pikiran negatif dan rasa rendah diri dan ketakutan itu ada muncul hilang timbul, gue bersyukur sekali diberi jalan ini. Jalan menjadi seorang dokter. Sekuat hati gue nikmatin setiap prosesnya. Enjoy! Senang rasanya lebih bisa mengenal diri kita sendiri. Bagaimana cara kerjanya manusia. Pendidikan kedokteran, terutama setelah melalui rotasi klinik, membuat gue sadar betul bahwa ga ada alasan sebenarnya untuk tidak bersyukur. Seberat apapun penderitaan atau kesedihan yang kita rasakan, ternyata masih jauh lebih banyak lagi orang-orang yang dengan mata kepala sendiri gue liat lebih menderita lagi.

Saat misalnya lagi sedih karena baru putus cinta dan patah hati berkeping-keping, main aja ke bangsal, tempat macam2 kesedihan dan penderitaan yang sangat kasat mata bisa ikut kita rasakan. Ibu-ibu masih muda yang sudah terkena penyakit gula dengan segala komplikasinya, atau ibu muda lainnya dengan depresi berat karena suaminya selingkuh, atau ada ibu muda lagi dengan serangan asma sangat berat sampai mau bicara aja susah saking sesaknya, atau pasien-pasien kanker stadium akhir yang sudah pasrah menghabiskan sisa usia di atas tempat tidur, atau juga pasien-pasien dengan serangan jantung mendadak, dan masih banyak lagi; jadi malu sama diri sendiri. Sudah diberi kesehatan sebaik ini, untuk menjaganya aja masih malas, masih mau yang penting enak. Setelah liat ke pasien juga baru sadar ternyata masalah yang kita punya sebenarnya tidak sebesar itu, minimal tidak lebih besar dari yang mereka punya.

🙂 begitulah. Balik lagi, intinya minggu terakhir ini merupakan waktunya pol-polan belajar di stase terakhir sebagai koas. Ada 3 ujian pasti yang akan dihadapi dalam minggu ini. Ujian tertulis (OSCE), ujian pasien, dan ujian radiologi.

Ya Allah, mohon lancarkan dan permudah ujian-ujian yang akan kami hadapi beberapa hari ke depan. Ridhoi segala usaha kami, dan luluskan kami dalam bimbinganMu dan dengan hasil terbaik. Amiin.

wish us luck ^^

Akhirnya bisa nyengir pasca rentetan ujian koas stase terakhir!
Akhirnya bisa nyengir pasca rentetan ujian koas stase terakhir!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s