Tuhan itu (tidak) adil.


Pada hari itu semua makhluk, tidak terkecuali seekor semut, dikumpulkan oleh Tuhan pada suatu padang yang saangaat luas untuk dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah masing-masing lakukan selama hidup dan diputuskan perkara atasnya sekalian. Makhluk yang taat dan menjalankan perintah Tuhan mendapat hadiah surga dan kekal abadi di dalamnya, dan sebaliknya, makhluk yang tidak taat mendapat ganjaran neraka. Mereka kemudian berjalan menuju nasibnya masing-masing sesuai dengan keputusan Tuhan, terkecuali tiga golongan : si buta, si gila, dan si lepra, yang merasa Tuhan tidak adil.

Tuhan berkata di depan ketiganya,

Masuk lah kalian wahai buta, gila, dan lepra ke dalam neraka karena kalian termasuk golongan tidak beriman dan selama hidup tidak pernah sekalipun menjalankan perintah-Ku.

Pertama-tama, si buta yang memang tidak bisa melihat sejak lahir keberatan,

Ya Tuhan, saya dari sejak lahir telah Engkau takdirkan untuk tidak bisa melihat sepanjang hidup, bagaimana mungkin saya dapat menaati dan menjalankan perintah-Mu sedangkan melihat saja saya tidak pernah, mohon pertimbangan-Mu kembali wahai Tuhan, saya tidak mau masuk neraka,

Kemudian si gila juga menjawab,

Wahai Tuhanku, selama hidup pikiran saya konslet, jangankan beribadah kepada-Mu, mengerti akan diri sendiri saja pun tidak. Saya terlahir untuk sama sekali tidak bisa berpikir, dan kemudian bagaimana mungkin sekarang Engkau memasukkan saya ke dalam neraka.

Terakhir, si lepra menambahkan,

Ya Tuhan, Engkau tahu sendiri bagaimana selama hidup semua orang menjauhi saya karena penyakit ini. Saya dikucilkan, di buang sebagai sampah masyarakat. Bahkan ayat-ayat Mu tidak pernah sampai pada saya bagaimana caranya saya bisa tahu dan mengerti saya harus beribadah atau melakukan apa. Saya minta kebijaksanaan-Mu ya Tuhan, jangan masukkan saya ke neraka.

Setelah ketiga nya mengajukan keberatan dan meminta Tuhan untuk mempertimbangkan kembali keputusan-Nya, akhirnya Tuhan menjawab,

Baiklah, kalau begitu berjalanlah kalian ke arah Barat, masuklah ke surga.

Setelah mengucapkan terima kasih dan merasa berhasil telah mampu membujuk Tuhan, ketiganya berjalan ke arah barat menuju surga. Sampai di barat ternyata yang mereka jumpai adalah neraka. Mereka kembali menemui Tuhan.

Wahai Tuhan, tidak ada surga di barat, bagaimana ini, kemana kami harus pergi?

Tuhan menjawab,

Kalau begitu pergilah ke timur.

Seraya mereka bergegas menuju timur. Namun ternyata yang mereka jumpai juga neraka disana. Kembali kepada Tuhan dengan mulai putus asa. Tuhan pun menunjukkan utara. Di utara kembali neraka yang mereka temukan. Ketiganya frustasi dan kemudian menuju selatan yang juga neraka. Kemana pun mereka pergi yang mereka temui tetap neraka.

Ketiganya kembali menghadap Tuhan dan mengeluh bahwasanya mereka tidak dapat menemukan surga di segala penjuru seperti yang Tuhan katakan. Tuhan tersenyum melihat ketiganya, kemudian berkata,

Wahai buta, gila, dan lepra. I am your creator. I am God. How come I can believe you would have faith in Me on the earth where I only sent My messenger and spread My massages  through the holy book. Even when I order directly in front of you such this you complained and do not obey and follow Me.

Sesungguhnya jika saja ketiga nya patuh pada Tuhan dan menjalankan apa yang secara langsung telah Tuhan perintahkan, neraka yang mereka masuki akan menjadi beku dan dingin dan kemudian mereka akan dipindahkan ke surga.

Namun pada akhirnya mereka tetap tidak dapat masuk surga because they did not believe in God. 

And rely on Allah; and Allah is sufficient for a Protector [QS 33:3]

p.s. : kisah ini telah dimodifikasi oleh penulis agar lebih mudah dipahami. sumber sebenarnya merujuk pada Al-Hadist yang dirangkum oleh Musnad Ahmad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s