Who will win?


Sudah lama dia tidak berdiam untuk berpikir. Meresapi semua esensi hidup dan sekitar. Saat ini, setelah 6 bulan dia tidak merasakan ambiance itu, rasa itu kembali melingkupi.

Ruang tunggu suatu rumah sakit besar di kotanya. Bahkan loket pendaftaran pun belum berpenghuni dan terkunci. Namun tengoklah ke lorong-lorong rumah sakit. Ingin melangkah pun sulit karena banyak map, kertas, tas, orang-orang yang duduk, dan lain sebagainya terserak memanjang yang memakan lebih dari 2/3 jalan lorong itu sendiri.

Ujung pangkal antrian ini mengular oleh pasien/keluarga pasien yang  berlomba mendapat nomor sekecil mungkin. Panjanggg dan butuh kesabaran ekstra ekstra. Ini baru langkah pertama dari berjam-jam yang harus mereka lalui sampai akhirnya berjumpa dengan seorang dokter. Dan ini masih belum apa-apa.

Dia, yang suka sok keras hati dan terlihat rough padahal dalamnya soft dan mudah tersentuh, menyadari suatu realita. Hidup ini keras namun kita yang menjalani hidup harus lebih keras dari hidup untuk bisa survive.

Dia yang sadar masih terlalu selfish selama ini. Tapi terus beralibi ‘human’. Dia kira sudah menjadi manusia baik. Dari sudut pandang mana, eih? Terlalu sibuk mengejar target dan deadline. Sibuk membuat bucket list dan menghabiskan waktu untuk dapat men-checklist nya. Lebih sibuk meminta daripada berlomba memberi.

Dia tersentak dengan kenyataan, menjadi manusia bukanlah perkara kulit membalut daging membalut tulang yang diberi pikiran dan bisa bicara. Lalu apa? Sulit. Lama dia berpikir untuk menjawab pertanyan itu. Kemampuan dangkalnya masih belum mampu merangkai berbagai konsep menjadi suatu inti sari yang hakiki.

Dua sisi dalam dirinya yang berbeda satu sama lain namun sama-sama penting, hati dan pikiran, berlomba memberikan jawaban terbaik akan pertanyaan itu..

The next question is, what’s the best answer.. and who’ll win?

One thought on “Who will win?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s