Bersatu atau Bercerai


Ridiculously worrying. 

Sebagai seorang yang warga negara UK bukan, warga negara EU juga bukan, investor atau pebisnis juga bukan, berniat jadi imigran tetap juga ngga, apalagi pemimpin negera deh, apa cuma saya yang frowning dan disappointed dengan outcome dari UK-EU referendum dengan Brexit nya?

Tanya kenapa? Hmmm *angkat bahu *rolling eyes

Bisa jadi karena saya berasal dari Indonesia dan dulu ketika masih di bangku sekolah dasar diajarkan semboyan dan peribahasa Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh (really? :p). Sok-sok an paham jadi anak bangsa yang diversity nya besar tapi tetap memilih bersatu. Bagaimanapun, prinsip dasar itu agaknya lumayan sukses tertanam dan merasuk di pikiran. Sampai saat ini pun saya tetap merasa hal tersebut idealnya adalah yang lebih baik.

Anyway, before going further, I’ve warned you to do not expect me to review and analyse this big issue like those are on BBC, CNN, The Times, Republika, France 24, DW-TV, SkyNews,  The Jakarta Post,  from point of view that you commonly expect to. Because you may think I am far from hit not could be convinced by what I said.

We build too many walls and not enough bridges. -Isaac newton

Let’s build bridges not walls. -Martin Luther King

Build bridges not walls. -Elton John in #remaincampaign

Jangan bilang kan bisa bersatu kita teguh, bercerai kawin lagi, atau jangan tanya gimana kalau KDRT atau perbedaan prinsip atau visi misi yang sudah ga bisa disatukan atau dicari jalan tengah selain bercerai?, atau yang paling parah jangan bilang malah mikir bersatu kita runtuh, bercerai kita teguh :/. Pertama, bersatu kita teguh bercerai kita kawin lagi itu terkesan menyepelekan dan menggampangkan sesuatu. Emang dikira bercerai terus kawin lagi itu segampang ibu-ibu yang belanja di pasar tradisional yang nawarnya kelewatan terus pas si penjual ga ngasih ibu-ibunya bilang ‘yaudah ngga deh kemahalan di tempat lain dapet kok segitu’ (padahal ga ada yang jual segitu). Atau dikira nyari suami/istri itu gampang apa. Satu aja susah apalagi mau kawin-cerai (apa deh).

Kedua, kalau terjadi KDRT a.k.a Kekerasan Dalam Republik (atau negara) Tercinta, yang dicari dan diatasi adalah sebab masalah sehingga menimbulkan kekerasannya, bukan ngambil kesimpulan singkat dengan pisah. Mungkin itu hanya karena oknum-oknum tertentu yang disinyalir menjadi provokator sehingga memetik kekerasan (??). Kemudian, kalau terjadi prinsip dasar yang ga bisa disatukan? Hal ini justru dipertanyakan ya, mengingat kenapa kalau memang sudah tau begitu diawal masih memutuskan untuk bersama dan nyatanya bisa menjalani kebersamaan yang sudah berjalan bertahun-tahun hanya untuk mempermasalahkan hal-hal yang justru memecah kebersamaan yang sudah susah payah dibangun.

Nah, untuk kemungkinan pemikiran yang terakhir, bersatu kita runtuh bercerai kita teguh.. Mungkin kalau dipikir-pikir sangat kurang bijak sekali pemikiran seperti itu. Tapii melihat kondisi sekarang rasanya di dunia ini ngga ada yang ngga mungkin. Haha kalimat macam yang sering digunakan sebagai motivational positif itu sebenarnya ironi. Ya, ngga ada yang ngga mungkin baik dalam hal positif dan juga negatif! Sehingga Bersatu Kita Runtuh Bercerai Kita Teguh itu bukan agaknya lagi, tapi memang sudah didengungkan dan coba “dilaksanakan” oleh presiden terpilih Amerika Serikat yang baru, bukan?

Pada intinya, ini adalah tulisan kegelisahan semata pada beberapa bulan yang lalu saat masih bolak-balik melintasi Kensington Garden. Hanya saja memang akhirnya tulisan sampah pikiran semata ini baru rampung pada saat Jakarta baru saja 11 hari yang lalu melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran pertama dan tak ada lagi park atau garden yang dilintasi beberapa bulan terakhir ini.

Pertanyaan selanjutnya, kalau begitu apakah sekarang masih gelisah? I dunno, there are so many things happen todays that consciously or not need to be concerned tho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s